Sabtu, 17 Desember 2011

Blogger Vs WordPress

Kalau membicarakan blog yang versi gratis dua kata pada judul diatas pastilah dikenal oleh para penggiat dunia maya. Keduanya merajai sebagai mesin pembuat blog.
Keduanya memang tidak layak untuk diadu keunggulan dan kelemahannya. Masing-masing telah memberikan kontribusi bagi dunia blog. Berikut adalah 7 perbandingan dari keduanya yang saya rangkum dari hasil jalan-jalan saya sore ini dan pengalaman saya menggunakan keduanya :

  1. Indexing by Google, relatif sama, tapi karena blogspot sudah dibeli google dijamin, Blogspot lebih cepat di index oleh simbah. Tapi apalah gunanya indexing kalau tujuan ngeblog kita untuk sekedar menyalurkan bakat menulis atau menambah pertemanan ???
  2. Kustomisasi, keduanya memiliki metode kustomisasi yang berbeda, kalau di WP kita bisa edit dulu di lokal server kemudian diunggah akan tetapi di blogspot tinggal unduh template nya kemudian eksktrak dan upload file xml nya
  3. Tata letak WP sesuai dengan template, sedangkan tata letak widget di blogspot bisa diatur oleh pengguna.
  4. Untuk masalah template keduanya sekarang boleh dikatakan seimbang, 3 hari terakhir saya baru tahu kalau template blogger banyak yang sip markusip. Salah satunya bisa dilihat di pkspiyungan.blogspot.com. Mohon maaf, bukan kampanye, tapi adminnya memang sip mengedit template bawaan si blogspot.
  5. Masalah komentar si WP bisa memakai AKISMET semacam satpam yang galak yang menjaga setiap komentar agar tak diamanfaatkan oleh spammer, sedangkan di Blogspot agak ribet disisi pemberi koment dan harus di moderasi.
  6. Untuk mencari uang dengan adsense blogspot lebih diunggulkan daripada WP yang harus menggunakan jasa pihak ke-3.
  7. Untuk forum dukungan, keduanya sama-sama hebat, dijamin anda tak akan kesulitan bila mengalami masalah dalam mengelola blog.
Sangat panjang untuk mengulas keduanya, sekarang tinggal kita pilih yang mana, keduanya sama baiknya dan sama gratisnya. Ayo buat blog, karena membuat blog itu mudah dan murah !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan untuk masukan dan kemajuan perkembangan blog "Adnan" dapat ditulis melalui komentar