Kamis, 29 September 2011

Tips Cara Merawat Harddisk

Segala suatu yang kita pakai semestinya dan menjadi kewajiban kita untuk merawatnya. Apa lagi sesuatu yang sangat sensitif, perawatan dan perhatian khusus sangat diperlukan. Pada kesempatan ini saya akan menulis bagaimana merawat hardisk, sebuah media penyimpanan pada komputer.
Saya analogikan seperti sawah yang terus ditanam dan digunakan dengan teus menerus, maka sawah itu memerlukan pupuk agar dapat di tanam lagi sehingga menghasilkan tanaman yang berkualitas. Demikian pula dengan hardisk kita.

Kita ketahui bahwa hardisk memiliki umur operasional yang terbatas. Dengan perawatan yang baik maka kita bisa memperpanjang umur hardisk sehingga optimal dalam penggunaan. Trus apa saja yang harus kita lakukan agar umur hardisk dapat optimal? Yuk kita kupas!!!
Defragmentasi
Fragmentasi disk adalah sebuah problem yang berkaitan dengan pembuatan dan penghapusan disk yang terus menerus. Sepanjang usia normal dari sebuah disk, banyak file yang dibuat dan dihapus, dan akibat dari itu maka terjadi celah-celah atau ruang-ruang pada daerah disk. Sebuah disk yang memiliki ruang-ruang semacam itu dikatakan telah defragmentasi.
Disk yang Defragmentasi akan memperlambat acces time dan akhirnya juga membuat komputer kita menjadi lambat, karena file baru yang terakhir disimpan akan masuk pada ruang- raung kosong tersebut, dan terpaksa harus dibagi menjadi sektor- sektor oleh dos. Artinya masuk pada ruang kosong secara acak dalam satu file. Solusi yang harus kita lakukan apabila terjadi Fragmentasi disk adalah dengan program disk Defragmenter yang ada pada system windows atau dos. Atau dengan menggunakan software Defragmenter lain.
Scandisk
Merupakan tool hardisk selain disk Defragmenter yang merupakan salah tool yang sering dipakai untuk menguji disk dan memperbaikinya. Scandisk secara rutin sudah cukup sebagai langkah awal perawatan, apalagi ditambah dengan disk Defragmenter secara rutin. Melakukan perawatan rutin yang satu ini dapat dalam hitungan harian, mingguan maupun bulanan tergantung kondisi hard disk tersebut.
Shut Down
Jangan sembarangan dalam mematikan PC anda, apalagi OS anda adalah windows. Cara yang benar untuk mematikan windows adalah dengan properly shut down. Jika mematikan komputer dengan sembarangan resikonya adalah anda dapat kehilangan data yang penting, atau file-file yang disimpan akan rusak.
Komputer tidak akan bekerja dengan normal karena adanya Bad Sector kalau anda mematikan komputer sembarangan secara terus menerus. Jadi gunakan shut down untuk kebaikan hardisk anda. Lamanya waktu menunggu saat shut sown tidak sebanding dengan waktu yang akan anda gunakan bila terjadi masalah pada komputer anda, belum lagi kalau hardisk anda rusak, sudah rugi waktu tambah biaya lagi untuk penggantian komponen.
Debu dan Kotoran
Secara berkala anda harus membersihkan debu dan kotoran yang ada di komputer anda. Debu dan kotoran sebenarnya tidak hanya menyebabkan masalah pada hardisk saja tapi juga pada komponen lainnya. Partikel debu dapat mengakibatkan hubungan pendek pada chip-chip komputer. Kipas yang tersumbat dapat menyebabkan pendinginan dalam PC terganggu sehingga PC mudah panas yang mengakibatkan pengaruh pada komponen lainnya. Jadi membersihkan komputer dari debu dan kotoran sangatlah penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan untuk masukan dan kemajuan perkembangan blog "Adnan" dapat ditulis melalui komentar